Sejarah Singkat Mengenai Icon Komputer

Sejarah Singkat Mengenai Icon Komputer


Dalam melihat keagungan karya seni, kita harus melihat ke masa lalu untuk menghargai masa depan. Menilik jauh ke tahun 1970-an, icon-icon komputer sederhana telah lahir jauh sebelum sekarang. Berikut adalah sejarah kumpulan icon-icon komputer dari tahun 1981-2010.

1981 - Xerox 8010 Star - Komputer Konsumen Pertama Berbasis GUI



Pada tahun 1973, Xerox Alto merupakan sistem komputer berbasis GUI pertama di dunia. Didesain dengan nuansa "office" (juga sebagai yang pertama), Alto diciptakan sebagai komputer riset dan tidak tersedia untuk dirilis secara komersial. Pada tahun 1981, Xerox Star dirilis, menggabungkan banyak fitur-fitur desain dari Alto. Icon dari Xerox memperlihatkan perhatiannya pada interaksi manusia. Seperti bisa dilihat, Calculator, Document, Folder dan Trash tidak jauh berubah dalam kurun waktu 30 tahun ini.

1983 - Apple Lisa - Mempopulerkan GUI



Proses pembuatan Apple Lisa dimulai pada tahun 1978 dan sangat terpengaruh oleh komputer Xerox yang telah rilis sebelumnya. Dengan harapan memiliki posisi di pasar komputer personal, Apple mengadopsi nuansa "office" untuk memudahkan navigasi bagi para pengguna yang baru. Lisa adalah GUI terdepan pada masanya dengan adanya fitur "Desk Accessories" (widget pertama) yang movable, drop-down menu, dan direktori berbasis folder. Seperti bisa dilihat, icon Lisa tidak jauh berbeda dibanding Xerox, kecuali ukuran dan skema satuan pixel-nya, dan penggunaan komputer dengan icon Preferences.

1984 - Apple Macintosh 1.0 - Icon yang Didesain Seniman



Satu tahun setelah Lisa, Apple Macintosh 1.0 dirilis. Bisa dilihat adanya drag-and-drop file copying, windows yang movable, dan icon-icon baru yang indah. Icon Macintosh didesain oleh Susan Kare. Susan Kare adalah master dari desain icon dan bertanggung jawab terhadap banyak icon termasuk untuk MacPaint interface.



Filosofi Kare di dalam mendesain icon sangat sederhana, "Saya percaya bahwa icon yang baik adalah icon yang lebih seperti rambu-rambu jalan dibanding ilustrasi, dan harus ditampilkan secara jelas, singkat, dan mudah diingat. Saya mencoba mengoptimalkan kejelasan dan kesederhanaan icon meskipun penggunaan palette dan resolusi meningkat." Filosofi ini menjadi kunci pokok kesuksesan Apple ketika itu.

1985 - Atari TOS - Isometric Icons



Penting untuk dicatat - untuk orang-orang muda yang tidak pernah merasakan era komputer tua - bahwa GUI tidak hanya digunakan oleh Apple. Atari ST membuat OS bernama TOS yang memiliki interface yang juga menggunakan nuansa "office", yang kemudian menjadi standar komputer. Sangat menarik melihat TOS memiliki Isometric Disk Icons (file drawers).

1985 - Amiga Workbench - Four Color Icons



Amiga Workbench dibuat untuk PC Amiga 1000. Meskipun desain icon-nya tampak kasar, Workbench merupakan yang terdepan pada masanya dengan fitur-fitur seperti mouse cursor yang customizable, four color graphics, dan multi-state icons. Seperti bisa dilihat, ada 2 bagian dari icon "Workbench" pada gambar. Amiga tidak mengikuti kebiasaan "desktop" dan memilih menggunakan workbench dengan gambar daripada files.

1985 - Windows 1.0x - OS GUI Pertama dari Microsoft



Pada tahun 1985, Microsoft merilis GUI pertamanya. Icon-nya sama kasarnya dengan Amiga kecuali warnanya. Sangat menarik melihat icon pertama dari Windows Paint menggunakan simbol yang berbeda dari MacPaint, khususnya icon Spray Painter.

1986 - GEOS for Commodore 64 - The Alternative OS



Saya memasukkan GEOS untuk Commodore 64 ini ke dalam list karena pada masanya, OS ini adalah GUI terpopuler kedua setelah Macintosh 1.0 (berdasarkan penjualan). Icon-icon GEOS lebih berkarakter daripada Windows OS dan menerapkan filosofi Mac dalam pengekspresian nuansa yang jelas.

1991 - Macintosh System 7 - Mac OS Pertama yang Menggunakan Warna



System 7 memperkenalkan penggunaan warna dalam desain icon. Anda mungkin memperhatikan bahwa icon-icon System 7 terlihat "clickable".

1992 - Windows 3.1 - Desain Icon Baru



Di Windows 3.0 (1990), Microsoft merekrut Susan Kare (yang menjadi desainer icon untuk Macintosh 1.0) yang mengembangkan desain icon Windows OS dengan baik. Di Windows 3.1, Kare konsentrasi terhadap penghalusan warna dan desain icon. Windows 3.1 adalah platform Windows pertama dengan pre-installed True Type fonts.

1995 - Windows 95 - The Start Button



Windows 95 memperkenalkan lebih banyak warna dan desain isometrik. Icon Windows 95 merupakan hasil desain ulang dan dengan tambahan elemen-elemen yang masih menjadi bagian dari desain Windows pada saat ini, termasuk taskbar, menu, dan icon Microsoft yang populer, Start Button.

1997 - Macintosh OS 8 - Icon Mac yang Lebih Cerah



Icon-icon Mac OS 8 mulai tampak cerah dan digambarkan dengan adanya sumber cahaya yang kuat. Macintosh juga mulai menerapkan gaya isometrik dengan "titik bayangan" yang kuat.

2001 - Mac OS X v10.0 - Jelly Mac



Mac OS X dirilis ketika saya sedang belajar di sekolah Multimedia. Dijuluki sebagai "Jelly Mac" oleh sebagian besar siswa disana. Perhatikan kilauan cahaya dan sentuhan yang berkesan menyerupai agar-agar dari icon-nya. Icon OS X merupakan kemajuan yang sangat besar dari desain icon OS 9 yang dirilis 2 tahun sebelumnya (Desain OS 9 mirip desain OS 8 diatas). Barangkali, karena Dock, maka icon OS X digambarkan dari sudut pandang lurus ke depan atau agak dari atas. Didesain di dalam Theme Aqua yang baru, icon OS X menunjukkan pantulan bayangan, cahaya, dan tekstur yang kompleks. Tanpa Theme Aqua, saya meragukan desain icon-nya akan menjadi seperti yang diinginkan seperti yang ada sekarang.

2001 - Windows XP - Bright Soft Icons



Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan OS barunya, Windows XP. Mengadopsi palette warna yang penuh, icon Windows XP digambarkan dengan tampilan ilustratif lembut yang menggunakan satu sumber cahaya dan titik bayangan semi transparan. Mereka melanjutkan penggunaan gaya isometrik.

2007 - Mac OS X Leopard - Reflective Dock



Mac menyingkirkan garis-garis dan mengadopsi 3D reflective dock terhadap icon agar tergambar "duduk". Penggunaan warna chrome, cermin, dan kilauan cahaya merupakan yang terpopuler sekarang. Icon Leopard tidak banyak berubah dibanding v10.0.

2009 - Windows 7 - Soft and Reflective



Icon Windows 7 sama sekali berbeda dibanding Windows XP dan lebih mirip Windows Vista. Perbedaan mendasar antara icon Vista dengan 7 adalah pada arah pandang dari icon. Icon pada Windows 7 juga lebih lembut dan berkilauan dibanding Vista.Dalam melihat keagungan karya seni, kita harus melihat ke masa lalu untuk menghargai masa depan. Menilik jauh ke tahun 1970-an, icon-icon komputer sederhana telah lahir jauh sebelum sekarang. Berikut adalah sejarah kumpulan icon-icon komputer dari tahun 1981-2010.

SUMBER Credit to LoungeKat and ManJaddaWaJada.

0 komentar